Sabtu, 01 Juni 2013

Sekilas Tentang Koran Kedaulatan Rakyat Yogyakarta



  Kedaulatan Rakyat adalah sebuah industri perusahaan yang bergerak dibidang jurnalistik yang pertama kali didirikan olehH. Samawi dan H. Soemadi Martono Wonohito, pada tanggal 27 September 1945. Di masa transisi dari penjajahan dan kemerdekaan serta pengakuan kedaulatan akan adanya Indonesia tercipta. Di usianya yang sudah mencapai 68 tahun ( di tahun 2013) tentunya, berbagai perubahan dari waktu ke waktu mampu diadaptasi dengan baik oleh salah satu media cetak terbesar di Yogyakarta ini. Koran Kedaulatan Rakyat ini sering disapa oleh para penggemarnya dengan sebutan KR dengan semboyannya Suara Hati Rakyat.
      Kedaulatan Rakyat merupakan surat kabar lokal Yogyakarta yang terbit setiap harinya. Di bawah Naungan PT.BP. Kedaulatan Rakyat Group, Kedaulatan Rakyat memiliki berbagai media diantaranya media cetak dan media online sebagai sarana informasi berita. Sebagai media, koran ini memilki beberapa rubrik diantaranya, hukum dan kriminal, olahraga, pendidikan, mancanegara, opini, dan panggung, dan berita yang lebih mengarah kepada pemberitaan tentang hiburan.
         Dalam pengerjaannya koran Kedaulatan Rakyat memproduksi dengan dua tahap pengerjaan, yaitu pada tahap awal dimulai dari pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB untuk bagian pembuatan berita dan pengeditan beritanya. Tahap akhir yaitu tahap percetakan dimulai  pukul 23.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB dan untuk bagian pendistribusian koran dimulai dari pukul 02.30 WIB sampai pukul 04.00 WIB.
Proses pembuatan koran Kedaulatan Rakyat (KR) diawali dengan rapat pagi untuk pembahasan agenda, hunting (pencarian/pengumpulan berita), writing(penulisan berita), corecting(pengeditan berita),layouting, filming, lighting, dan pencetakan  pada aluminium yang dilakukan di Mangku Bumi. Kedaulatan Rakyat akan tetap menjadi koran lokal di Yogyakarta agar koran ini menjadi ikon kota Yogyakarta. Untuk tetap eksis di era globalisasi, koran ini selalu mengangkat tentang kultur/budaya daerah tersebut dan melakukan penyebaran quesioner untuk mengetahui minat masyarakat. Berita yang diberitakan oleh Kedaulatan Rakyat bersifat up to date selama 24 jam sehingga pembaca dapat mengakses berita kapan saja.
         Kedaulatan Rakyat merupakan industri media yang telah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan Kedaulatan Rakyat sudah ada sejak lama seiring dengan perkembangan Kota Yogyakarta. Masyarkat Yogyakarta sudah cukup familiar dengan keberadaan KR dalam kehidupan sehari-hari. ( Anik Yulaikah/PBSI IV A)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar