Selasa, 18 Juni 2013

Cerita Mistis Parangtritis


Perjalanan kunjungan jurnalistik yang pertama yaitu pantai parangtritis, rombongan kunjungan jurnalistik Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia tiba di pantai parangtritis sekitas pukul 04.00 WIB. Parangtritis merupakan objek wisata pantai di kota Yogyakarta yang cukup terkenal dibandingkan pantai-pantai lain di kota Yogyakarta. Apa sih keistimewaan pantai ini sehingga sebagian besar pengunjung memilih pantai parang tritis dibandingkan dengan pantai-pantai lainya?? Mungkin masyarakat yang bisa menilai sendiri.
Perjalanan ke pantai parangtritis sangat indah, sebelum sampai di pantai parang tritis kita bisa menikmati pemandangan yang indah, hamparan persawahan yang hijau membentang luas di sepanjang jalan dengan hawa yang sangat sejuk dan menyegarkan.
Pantai parangtritis terletak di pesisir selatan kota Yogyakarta yang berjarak sekitar 28 km dari kota Yogyakarta. Di kota Yogyakarta banyak pantai-pantai lain yang juga tak kalah indah dengan pantai parangtritis, tetapi wisatawan lokal maupun mancanegara lebih banyak yang berkunjung ke pantai ini dari pada pantai yang lain, mungkin karena pantai parangtriris memiliki pesona tersendiri bagi beberapa kalangan. Selain itu ada kepercayaan masyakarakat setempat tentang legenda Nyi Roro Kidol yang membuat pantai ini semakin menarik. Terlepas dari benar tidaknya kepercayaan ini namun ada kepercayaan unik dari pantai ini, yaitu pengunjung pantai tidak boleh menggunakan pakaian berwarna hijau.

Ketika saya sedang menikmati es kelapa muda di pinggir pantai parangtritis, saya melihat pemilik warung memberi tahu kepada salah satu pengunjung yang mengenakan jaket berwarna hijau untuk melepas jaket itu. Pengunjung itu mengikuti saran dari pemilik warung untuk melepas jaketnya. Setelah itu saya menghampiri pemilik warung dan menanyakan tentang jaket hijau tersebut. “ lek nyang pantai ojo nggawe klambi ijo mas, bahaya ”. ujarnya. Kemudian saya bertanya lagi alasan tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau, “ iki wes kepercayaan wong yogja mas, omonge wong mbiyen Nyi Roro Kidol kuwi seneng karo warna ijo, omonge lek nyang pantai nggawe klambi ijo marai disenengi karo Nyi Roro Kidol”. Tegasnya!
Pengalaman seperti ini dapat menambah pengetahuan saya tentang pantai parangtritis ini, kita boleh percaya atau tidak tentang hal semacam itu, tapi kita harus menghormati kepercayaan tersebut, selain itu kita mencari amannya saja, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Agus Zam Zamndani/PBSI IV A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar