Minggu, 12 Mei 2013

Makam Ki Ageng Boto Putih





 Makam Ki ageng boto putih terletak di dusun Bulurejo Desa Kawedusan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri provinsi jawa timur. Luas makam mencapai 360 m. Di dalam lokasi tersebut terdapat beberapa makam penting yang dikeramatkan oleh warga sekitar. Beberapa makam terletak di dalam,dan beberapa makam terletak di luar lokasi. Makam yang terletak di dalam yaitu Makam Sri iji Joyoboyo, Dewi soro(permaisuri Sri Aji Joyoboyo), Prabu Joyo Ami Joyo(anak Sri Aji Joyoboyo), Dewi Sutami(permaisuri Prabu Joyo Ami  Joyo). Dan makam yang terletak di luar lokasi yaitu makam Nini Randini, Nini Rukem, R.Tumbal. juru kunci Makam Ki Ageng Boto Putih ini adalah bapak Markam.Makam ini mempunyai peninggalan batu kuno yang berbentuk perrsegi sebanyak 27 buah, batu nisan kuno sabanyak 6 buah.
Makam ini baru saja ditemukan tahun 1990-an. Awal mulanya warga sekitar mendapatkan informasi dari seorang paranormal yang berasal dari yogyakarta bernama Frans Soeharjo. Akhirnya pada tanggal 5 agustus 1990 jam 1200 tepat warga sekitar menemukan makam Sri Aji Joyoboyo, dan pada hairi berikutnya di temukan makam prmaisuri dan anak serta semua bawahan dari Sri Aji Joyo boyo. Warga sekitar manamakan semua tempat tersebut sebagai Makam Ki Ageng Boto Putih.
Makam tersebut di keramatkan oleh warga sekitar,setiap 1 tahun sekali pada bulan suro,warga sekitar mengadakan acara bersih desa dan pemandian pusaka yang terdapat di lokasi makam tersebut. Tidak hanya warga sekitar yang mengeramatkan makam tersebut,melainkan banyak wisatawan yang datang dari luar kota untuk berziarah di makam Ki Ageng Boto Putih. Oleh karena itu makam tersebut terjag sangat bersih dan rapi,karena warga sekitar selalu membersihkannya.


Oleh : Septiana Widayati / NPM : 09.1.01.07.0139 /IV A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar