Minggu, 12 Mei 2013

Kebo Marcuet Versus Jolodong



Ploso Kidul, Sabtu malam Minggu (27/04), saya bersama teman-teman KKN menonton pertunjukan ketoprak mitra erlangga jaya dengan judul Kebo Marcuet versus Jolodong di lapangan Ploso Kidul. Saat itu hujan turun, tapi tak berapa lama kemudian, hujan pun reda. Hal ini tidak menyurutkan semangat para warga untuk menyaksikan penampilan dari para pemain ketoprak.
           Awalnya kami sangat menikmati sajian ketoprak yang diperankan oleh para pemain ketoprak bersama jolodong, jolodong adalah nama julukan teman kami, yang ikut main ketoprak malam itu, teman kami memainkan perannya dengan baik, sehingga kami dan para penonton tertawa terbahak-terbahak. Kebetulan saat itu penontonnya banyak, tidak terkecuali anak kecil karena besok mereka libur. Sehingga menambah semangat para pemain . Jolodong bermain dengan pak lelur dan kawan-kawan , sungguh paduan hiburan rakyat yang sayang untuk dilewatkan. Pak Lelur adalah pimpinan Mitra Erlanga Jaya yang sekaligus sebagai pemain ketoprak. Para penonton terlihat sangat menikmati, pementasan ini, termasuk saya. Malam semakin larut, tapi tak menyurutkan semangat kami untuk menyaksikan ketoprak sampai selesai. Namun apa yang terjadi, saat kami tengah asyik menyaksikan penampilan mereka, ada suara gemuruh, dari luar arena, suasana berubah menjadi panik, tegang dan menkutkan, ternyata itu suara Kebo Marcuet, Kebo Marcuet adalah sosok manusia berkepala kerbau.

             Kami dan para penonton lainnya sangat ketakutan, anak kecil berteriak, dan ada pula yang menangis . Kebo Marcuet berkeliling dan seakan-akan menyapa para penonton, tapi apa yang terjadi, para penonton menjerit ketakutan. Dalam hati kecilku, aku bangga dengan mereka, di tengah maraknya hiburan modern seperti orkes, tari dan lain-lain mereka masih saja tetap bertahan, jauh dari sanak keluarga, satu tujuan mereka, tetap ingin melestarikan seni budaya ketoprak. Upah yang mereka terima tidak sebanding dengan apa yang mereka korbankan. Semua orang terhibur, mereka tertawa lepas.


Agustin Karunia Fadia Rahayu / NPM: 09.1.01.07.0011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar